STABLE PTR

StablePTR.com The Best GPTR Program

Jumat, 05 Maret 2010

Jus dalam Mengatasi Alergi pada Anak

Artikel ini aku copas dari blog teman dengan seijinnya pastinya, karena sangat berguna, apalagi anak2ku termasuk alergian walaupun tidak terlalu..

********************************&&&&&&&&&&&&&&&&*************************************

Sebenarnya alergi bukan penyakit. Alergi justru salah satu bentuk sinyal yang diberikan oleh tubuh si anak bahwa imunitasnya sedang rendah dan minta diperbaiki. Imunitas itu bisa diangkat alias ditingkatkan dengan terapi "makan buah buah di saat perut kosong". Kondisi perut kosong ini maksudnya sehabis bangun tidur, sebelum menyentuh makanan berat lainnya. Dirutinkan selepas anak bangun pagi, dan boleh juga diberikan kembali sehabis anak bangun tidur siang. Buahnya bisa dijus atau disajikan dalam bentuk buah potong.

Banyaknya berapa? Takaran individualnya mengikuti setiap anak, asal gak menggangu nafsu makan berikutnya. Bukannya tidak ada batas. Yang ingin disampaikan adalah kalau minum jus lalu membuat nafsu makan anak pada jam makan sesudahnya menjadi terganggu, berarti pemberian jusnya sudah kebanyakan. Apapun yang sehat bukan berarti boleh dikonsumsi berlebihan. Asupan makanan harian yang sehat harus beragam dan berimbang. Sebagai patokan umum, berikan jus 125 ml pada balita mpada pagi hari begitu dia bangun tidur. Boleh juga diberikan jumlah sama ketika anak bangun tidur siang atau ganti dengan buah potong.

Bertentangan dengan anggapan selama ini bahwa minum jus buah di pagi hari bikin mencret dan sakit perut, menurut beliau justru nutrisi dalam buah adalah bentuk nutrisi yang paling mudah dan langsung bisa dicerna oleh tubuh, sama halnya dengan asi. Karenanya konsumsi buah sebaiknya tidak dibarengkan dengan makanan lain karena akan bercampur dengan nutrisi lain yang lebih sulit dicerna. Seperti kebiasaan makan buah sehabis makan. Maka yang terjadi sebenarnya adalah penyerapan nutrisi buah tidak semaksimal dibanding saat buah dimakan dalam keadaan perut kosong. Sebaiknya beri jarak 15 menit sehabis makan buah dengan sebelum makan untuk bayi dan balita. Kalo untuk orang dewasa beri jarak 30 menit. Karena asupan porsi bayi yang lebih sedikit. Sedangkan jarak aman makan buah sehabis makan adalah 1,5 jam.

Kalau kebiasaan ini dirutinkan, maka kelamaan imunitas alami tubuh akan terdongkrak, dan keluhan alergi akan berangsur hilang. Cara yang cukup alami dan aman untuk mengatasi alergi.

Mengapa tidak dicoba untuk merutinkannya, anak2 suka jus juga buah.. Untuk hasilnya mungkin tidak cepat tapi kira2 2-3 bulan dapat diperhatikan perubahannya..

&Selamat mencoba&

Tidak ada komentar:

Posting Komentar